Ruang Lingkup Media

A. Pengertian media

Media adalah segala bentuk saluran yang digunakan untuk menyamopaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari bahasa latin, yang merupakan bentuk jamak dari kata ‘madium’ yang bermakna “perantata” atau pengantar, yaitu perantara atau mengantar pesan maupun informasi dari sumbernya ke penerim pesan atau informasi tersebut

Dalam pengertiian lain media juga di artikan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.

Menurut para ahli mengungkapakan bahwa media adalah:

  1. Menurut National Education Asociation (NEA): Media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.
  2. Menurut Briggs: Media adalah alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar.
  3. Asociation of Education Comunication Technology (AECT): Media adalah segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran pesan.
  4. Syaiful bahri djamarah: media alat bantu yang di gunakan untuk menyampaikan pesan
  5. Schram : media adalah teknologi yang membawa pesan dan bertujuan untuk keperluan pembelajaran.
  6. Gagne : media adalaherbagai jenis komponen yang berada di lingkungan siswa yang dapat meransang siswa untuk belajar.

Media ketika di hubungkan dengan komunikasi memiliki pengertian sebagai berikut:

Segala bentuk sarana  yang dipergunakan untuk membuat, mengolah, menyebarkan dan menyampaikan sebuah informasi.

B. Jenis jenis media

Secara umum media dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

  1. Media Cetak

Media cetak adalah segala barang cetak yang dapat dipergunakan sebagai sarana penyampaian pesan atau informasi.

contohnya: surat kabar,brosur,bulletin dll

  1. Media Visual

Yaitu media visual adalah media yang dapat diraba, dilihat, dibaca . Media ini mengandalkan indra penglihatan dan peraba.media jenis ini sangat mudah untuk didapatkan.

Contoh media visual

Media foto, gambar, komik, gambar tempel, poster, majalah, buku, miniatur, alat peraga dan sebagainya.

  1. Media Audio

Yaitu media audio adalah media yang tidak bisa dilihat, diraba, dan di baca,tapi, hanya dapat didengar,karna media ini berbentuk suara. untuk mendapatkan informasi dari media ini yaitu dengan menggunakan indra telinga sebagai salurannya. Contoh media audio

Suara, musik dan lagu, alat musik, siaran radio dan kaset suara atau CD dan sebagainya.

4. Media Audio Visual

Yaitu media audio visual adalah media yang dapat di nikmati dengan cara  mendengar dan melihat yang dilakukan secara bersamaan. Media ini menggerakkan indra pendengaran dan penglihatan secara bersamaan.Contoh media audio visual

Media drama, pementasan, film, televisi dan media yang sekarang menjamur, yaitu VCD. Internet juga termasuk dalam bentuk media audio visual, tetapi lebih lengkap dan menyatukan semua jenis format media, disebut Multimedia.

C. Media berdasarkan jangkauan penyebaran informasi

a. Media Eksternal

Yaitu  media yang dipergunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan informasi dengan pihak-pihak luar.

Ada beberapa media eksternal yang sering digunakan antara lain:

  1. Media cetak

Yaitu media yang tercetak ataut tertulis dengan maksud agar dapat  menjangkau public eksternal seperti pemegang saham, konsumen, pelanggan, mitra kerja, dan sebagainya. Contohnya adalah makalah perusahaan, bulletin, brosur.

Adapun fungsi media eksternal antara lain:

– Media Penghubung;

– Media pendidikan

– Sarana menyampaikan keterangan-keterangan kepada kalayak

– Sarana membentuk opini public

2.  Radio

Radio adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi, yang hanya dapat memberikan rangsangan audio (pendengaran) saja. Karena media jenis ini hanya menyampaikan pesan atau informasi dalam bentuk suara.

3. TV

Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia.

Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak, penemu maupun inovator yang terlibat, baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik.

Untuk menyampaikan pesan kepada public melalui televisi dapat ditempuh dengan memasang iklan, mengundang wartawan atau reporter televisi agar memuat berita tentang kegiatan atau dapat pula mengajukan permohonan untuk mengisi acara.

4. Handphone (Telephone Seluler)

Handphone marupakan salah satu alat komunikasi. Dengan kecanggihannya  seperti sekarang ini, hendphone tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi tapi juga dapat dijadika. Sebagai alat atau media untuk mendapatkan dan menyebarkan sebuah informasi.

5. Surat

Yaitu media penyampaian informasi dalam bentuk tulisan ,informasi yang disampaikan dapat berupa surat konvensional maupun surat elektronik. Di dalam perusahaan surat menyurat merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Karen banyak informasi yang keluar ataupun masuk perusahaan melalui media surat, karena surat merupakan media komunikasi yang efektif apabila yang terkait tidak dapat berhubungan secara langsung atau lisan.

6. Internet

Inernet merupakan  jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).

Internet merupakan media komunikasi berbasis computer teknlogi informasi. Internet banyak dipilih oleh perusahaan guna menjalin kemampuan dalam menjangkau khalayak.

Keunggulan media komunikasi internet adalah mudah, cepat dan murah dengan jangkauan dunia.

Di dalam suatu jaringan internet tersedia  beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh para user. seperti : Email, Chatting, dan web. Ketiga aplikasi ini yang sering digunakan dan di masa depan. Ketiga aplikasi ini merupakan replika dari hal yang sering digunakan di era pra- internet. Internet sering disebut sebagai komunikasi virtual, yang sering dipahami sebagai virtual reality. Namun masyarakat sering salah paham mengenai komunikasi virtual dan dianggap sebagai virtual reality pada ruang lingkup ( alam maya ) dengan menggunakan internet

b. Media Internal

Media komunikasi internal adalah semua sarana penyampaian dan penerimaan informasi dikalangan public internal dan biasanya bersifat non komersial. Penerima maupun pengirim informasi adalah orang-orang public internal. Media yang digunakan secara internal antara lain seperti :

Surat

Telephone

House jurnal (Majalah Bulanan)

Papan pengumuman

Printed Material ( Media komunikasi dan Publikasi berupa barang cetakan)

Media Pertemuan dan pembicaraan

 

Daftar pustaka

http://gudangmakalahpendidikan.blogspot.com/2016/11/makalah-media-komunikasi.html?m=1

http://pengertianahli.id/2014/07/pengertian-media-dan-jenis-media.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close